Selasa, 22 Maret 2011

OPINI | 23 March 2011 | 09:54 4 2 1 dari 1 Kompasianer menilai bermanfaat

Potensi besar. Besar sekali. Di DKI Jakarta ada 288 SMP Negeri yang seluruhnya mempunyai koperasi. Jadi ada 288 koperasi SMP Negeri. Ada lebih banyak lagi SMP swasta. Walaupun sekolah swasta tidak semuanya memiliki koperasi, tapi banyaknya tak kalah dari koperasi di SMP Negeri. Berapa SMA Negeri di DKI Jakarta? Juga tak beda jauh dengan SMP-nya. Berapa SMA swasta? Pasti lebih banyak dari SMA negerinya. Terus berapa ratus SD DKI Jakarta yang negeri dan swasta yang juga memiliki koperasi?

Bukankah hitung-hitungan jumlah saja sudah membanggakan?

Belum lagi keunggulan lain dari koperasi sekolah ini. Apa keunggulan lainnya? Jelas aspek pendidikan. Koperasi sekolah dapat menjadi laboratorium pembelajaran koperasi bagi siswa peserta didiknya. Coba main hitung-hitungan lagi. Kalau satu sekolah SMP Negeri saja siswanya 750 siswa, maka berapa jumlah siswa SMP Ngeri seluruh DKI? Betapa besar manfaat pembelajaran koperasi bagi sekian juta siswa yang juga mungkin nanti akan tertarik berkoperasi di masa mendatang?

Dasyat!!!

Hanya itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan besarnya potensi koperasi sekolah. Keberadaannya juga dapat membantu sekian ribu guru yang terlibat sebagai anggota koperasi sekolah, siswa, dan tentunya orangtua siswa.

Tapi, apa kabar koperasi sekolah saat ini?

Potensi besar belum tentu menjadi besar kalau potensi besar itu didiamkan begitu saja. Banyak koperasi sekolah yang berjalan sangat bagus. Ada yang sedang-sedang saja. Dan ada juga yang asal-asalan. Mengapa ada yang asal-asalan? Karena memang guru bukan penyelenggara koperasi yang mumpuni. Mereka mengelola koperasi sebagai pekerjaan sampingan seusai mengajar atau sambil mengajar.

Seandainya, tentunya ini belum pernah saya dengar, seandainya dinas koperasi DKI mau bekerja membesarkan atau mengembangkan potensi besar koperasi sekolah, maka koperasi sekolah akan menjadi raksasa yang tak terhitung kemanfaatannya. Bukan hanya untyk saat ini. Tapi juga untuk generasi masa depan. Untuk para siswa peserta didik yang akan mendirikan koperasi-koperasi dengan rujukan koperasi di sekolahnya yang sudah maju dan sangat menyejahterakan anggotanya.

Pertanyaannya, mengapa sampai saat ini dinas koperasi tak melirik ini? Bisa jadi belum tahu akan potensi koperasi sekolah. Bisa juga mereka tak mau tahu dengan dengan potensi itu karena mereka tak mendapat keuntungan apa-apa. Bisa juga mereka memang tak tahu apa-apa. yang penting mengerjakan apa adanya.

Maka saya akhiri tulisan ini dengan himbauan kepada dinas koperasi DKI. Liriklah potensi besar koperasi sekolah. Beri pembinaan (bukan pembinasaan) pada mereka. Pasti nanti akan memperoleh masa depan yang lebih baik.

Ini saya baru bicara di DKI Jakarta. Bagaimana kalau pembicaraan kita luaskan ke wilayah Indonesia? Waduh, pasti akan menjadi pembicaraan yang tak akan ada habisnya. Bung Hatta pun akan tersenyum.

Mari mulai! Saat ini juga!

0 komentar:

Posting Komentar